Minggu, 13 Februari 2011

KOMPUTASI MODERN

Pengertian komputasi adalah suatu cara untuk memecahkan suatu masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Secara umum ilmu komputasi adalah ilmu yang mempunyai perhatian dalam penyusunan suatu model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta menggunakan komputer untuk menganalisis dan memecahkan suatu masalah. Di dalam penggunaan yang praktis komputasi dapat berupa penerapan simulasi komputer atau bentuk komputasi lainnya.

Sedangkan Teknologi komputasi adalah sebuah aktivitas penggunaan dan pengembangan teknologi komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak komputer. Merupakan bagian spesifik komputer dari teknologi informasi.

Komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang telah ada, yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :
1. Akurasi ( Floating poin ).
2. Kecepatan ( Dengan satuan Hz ).
3. Problem volume besar ( Paralel ).
4. Modeling ( NN dan GA ).
5. Kompleksitas ( Menggunakan teori Big O ).


Dasar-dasar komputasi modern ditemukan pertama kali oleh ilmuwan John Von Neuman. Karya – karya yang telah dilahirkan oleh John Von Neuman meliputi bidang matematika, teori kuantum, fisika nuklir dan ilmu komputer.

Sumber:
http://wapedia.mobi/id/Komputasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komputasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar