Selasa, 08 Maret 2011

KOMPUTER KUANTUM

Pada bahasan kali ini kita membahas tentang komputer kuantum ok. Definisi dari komputer kuantum adalah suatu alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposisi dan keterkaitan, untuk melakukan operasi data. Prinsip dasar dari komputer kuantum adalah sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk mewakili data dan struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat digunakan untuk melakukan operasi dengan data ini. Dalam hal ini untuk mengembangkan komputer dengan sistem kuantum diperlukan suatu logika baru yang sesuai dengan prinsip kuantum.

Teori tentang sebuah komputer kuantum pertama kali ditemukan oleh seorang fisikawan dari Argonne National Laboratory yang bernama Paul Benioff. Paul Benioff adalah orang pertama yang mengaplikasikan teori fisika kuantum pada dunia komputer di tahun 1981.

Komputer yang sering kita gunakan di dalam kehidupan sehari-hari adalah komputer digital. Komputer digital sangat berbeda dengan komputer kuantum. Komputer digital bekerja dengan bantuan microprocessor yang berbentuk chip kecil yang tersusun dari banyak transistor. Microprosessor lebih dikenal dengan sebutan CPU. Komputer kuantum memanfaatkan sebuah fenomena yang dinamakan superposisi yaitu Dalam mekanika kuantum, suatu partikel bisa berada dalam dua keadaan sekaligus. komputer kuantum juga menggunakan Qubits yaitu kemampuan untuk berada di macam keadaan. Semoga bermanfaat ya.


Sumber:

http://www.yohanessurya.com/download/penulis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar