Kamis, 14 April 2011

Membuat Game Point dengan Strawberry Prolog

Halo teman-teman ketemu lagi dengan saya lg. Ok disini saya akan menjelaskan game Points dengan memakai strawberry prolog. dan penjelasan silakan disimak di bawah.

Initial State
Initial state yang menjadi acuan pembuatan program Points yaitu terdapat 16 simpul yang akan terhubung sehingga menjadi sebuah kotak. Untuk pemain boleh menyambungkan simpul apa saja.

Rule
Aturan main di dalam game point yaitu:
1. User memulai permainan dengan menghubungkan antara 2 simpul terdekat apa saja sehingga menjadi garis dengan cara mengklik, kemudian ada yang lebih dari 2 sumbu terdekat yang terhubung menjadi garis walaupun hanya menghubungkan ke 2 sumbu terdekat tersebut.
2. Komputer diberi pengetahuan untuk memilih sumbu-sumbu apa saja yang dapat terhubung dan tidak terhubung. Ketika semua sumbu terhubung maka akan terbentuk kotak-kotak yang terdiri dari 9 kotak.
3. Komputer juga dapat merandom warna yang ada di dalam kotak-kotak tersebut. Warna di dalam kotak terdiri dari 2 jenis yaitu merah untuk pemain (user) dan biru untuk komputer.

Goal
Goal untuk menyelesaikan game Point ini adalah membuat semua sumbu-sumbu terhubung sehingga membentuk 9 kotak kecil, yang setiap kotak memiliki warna masing-masing sehingga ketika semua kotak telah terbentuk sempurna dan memiliki warna maka games akan berakhir.

Solusi
Pada pembuatan game ini pemain memulai permainan terlebih dahulu dengan menghubungkan simpul-simpul terdekat. Tetapi pemain harus menggunakan strategi dalam memilih simpul agar bisa menang melawan komputer jika kotak warna merah (pemain) lebih banyak dibandingkan kotak komputer (biru).


















Instalasi Strawberry Prolog
Strawberry Prolog adalah sebuah bahasa pemrograman logika yang memiliki object oriented language. Pada prolog tidak terdapat prosedur, hanya terdapat kumpulan data yang akan diolah. Dalam menggunakan strawberry prolog tidak dilakukan instalasi. Programmer dapat mengunduhnya secara gratis di dalam website resminya. Namun karena penggunaannya yang gratis, pada strawberry prolog ini, game Points tidak dapat membentuk sebuah file execute (.exe). Jadi program yang dapat dijalankan dengan membuka file strawberry project (.spj) atau file prolog-nya (.pro) di dalam aplikasi strawberry prolog itu sendiri.



Kemudian membuka program aplikasi strawberry prolog ( light edtion) yang terdapat pada program files di dalam windows.




Untuk membuka file pro nya pilih menu file lalu open kemudian pilih file Points.



Kemudian hasilnya terlihat seperti gambar dibawah ini:



Output

Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini jika komputernya menang



bagi yang ingin liat laennya dapat di lihat

pusatstudi.gunadarma.ac.id"

3 komentar:

  1. wah kereen bang gamenya.. ^^

    ada listingnya ga bang ? soalnya ada project suruh buat game nih.. hehehe.. :D

    BalasHapus
  2. boleh minta juga dong source code-nya, Bang ^^ mahasiswa Gunadarma tingkat 3 nih, you know laahhh :D

    BalasHapus
  3. Bikin sendiri kali gal hahaha

    BalasHapus